Belajar Tehnik Melodi Gitar bagi Pemula

Assalamuaikum Wr. Wb. Sobat penggemar musik, terkhusunya gitar.

Hari ini ane ingin berbagi sedikit ilmu nih mengenai tehnik bermain melodi gitar bung, yang harapannya bisa membantu temen-temen untuk mengupgrade skill bermain gitar terkhusus di bagian melodi. Sedikit sharing dulu ya bung, kala itu ane pernah ngerasain pengen banget bisa bermain melod gitar. Ane coba cari-cari reverensi buku gitar yang cocok buat belajar melodi gitar untuk pemula, ada banyak sih bukunya.. but, susah banget bung untuk nemuin yang cocok seperti yang ane cari. So, ane coba cara lain yakni lewat internet. Alhasil,yeeee... nemu juga yang ane cari-cari selama ini. Ane mulai belajar perlahan, ya karna memang keadaan sinyal yang kurang mendukung kala ituu, hee. Satu, dua lagu mulai ane kuasai. Hal tersebut membuat ane semakin semangat buat belajar. Tapi eh, ternyata reverensi yang ada di internet minim nan gak kontinyu dan kembali menyurutkan semangat ane. Sampe beberapa waktu ane break bermain gitar, karna memang malas rasanya kalo cuma bermain di skill itu tak itu lagi.

Dan setelah beberapa waktu pasif bermain gitar, ane coba lagi bermain melodi-melodi lama. Seiring berjalannya waktu jemari ini mulia mencoba menjajali mencari nada-nada melodi sendiri, dan Alhamdulillah bisa juga bung ya walaupun masih beberapa lagu aja sih, heee. Nah, itulah salah satu motivasi ane ingin berbagi ilmu bung yang semoga bisa bermanfaat dan kontinyu kedepannya.

Wokeee, sekarang waktunya kita Belajar Tehnik Bermain Melodi Gitar bagi Pemula bung ! 

Melodi DoReMi :

Do     Re     Mi     Fa      So     La       Si     Do 

2.1     2.3    1.0    1.1     1.3     1.5     1.7    1.8

Angka pertama  = nomor senar (1-6), penomoran dari senar paling bawah

Angka kedua  = nomor fret atau kotak yang terdapat di leher gitar

2.3  = senar nomor 2 ditekan pada fret nomor 3

1.0  = senar nomor 1 tanpa ditekan (fret nomor 0)

Semoga bermanfaat dan tetap kontinyu bung ! 

LihatTutupKomentar